Sabtu, 30 April 2011

Istilah Dalam Sepakbola


Dalam pertandingan sepak bola kita sering mendengar kata-kata seperti diving, tackle, tendangan voli dan lain-lain. Untuk orang yang berkecimpung di dunia sepak bola, kata-kata itu sudah tidak asing lagi. Namun bagi orang-orang awam, istilah seperti itu kadang membingungkan. Berikut beberapa istilah yang sering kita dengar dalam permainan sepak bola.

1. Back Pass
Back Pass adalah umpan pemain ke arah penjaga gawang sebagai upaya untuk mengamankan wilayah pertahanan.

2. Clearing
Clearing adalah menghalau bola di daerah pertahanan sejauh mungkin ke arah depan.

3. Bicycle kick
Bicycle kick yaitu tendangan akrobatik ke gawang lawan untuk menyambut umpan silang dengan cara melompat membelakangi gawang sambil menendang bola dilewatkan kepala penendang (tendangan salto).

4. Tendangan Gawang
Tendangan Gawang adalah tendangan yang dilakukan dari daerah gawang sebagai akibat keluarnya bola melewati garis gawang, dimana sentuhan terakhir dilakukan oleh pemain penyerang.

5. Tendangan Sudut
Tendangan Sudut adalah tendangan dari daerah sudut lapangan oleh pemain penyerang karena bola melewati garis gawang setelah menyentuh pemain bertahan.

6. Intercept
Intercept biasanya disebut cara untuk memotong umpan lawan.

7. Tendangan Voli
Tendangan Voli adalah tendangan
yang dilakukan oleh pemain penyerang yang menendang bola hasil umpan lambung tanpa menunggu bola menyentuh tanah.

8. Tendangan Penalty
Tendangan Penalty adalah tendangan yang dilakukan dari titik pinalti di dalam daerah Penalty, dengan jarak 11 meter dari gawang. Penalty terjadi jika pemain melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan di kotak tersebut (kotak penalty timnya sendiri).

9. Offside
Offside artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan lawan sebelum bola diumpan oleh rekannya. 

1
0. Handsball
Handsball terjadi apabila pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan. Penjaga gawang juga akan dinyatakan handsball jika menyentuh bola di luar daerah pinalti.

11. Back Heel
Back Heel adalah salah satu trik menendang dalam sepak bola yaitu menendang dengan menggunakan tumit kaki. Trik ini cukup ampuh untuk mengelabui musuh.

12. Diving
Diving adalah istilah dalam dunia sepak bola yang mengacu pada tindakan pemain yang sengaja beraksi seperti terjatuh dan kesakitan setelah menerima perlakuan pemain lawan. Diving biasa dilakukan agar pemain dan timnya mendapatkan keuntungan berupa tendangan bebas, tendangan penalti, bahkan dikeluarkannya pemain lawan yang dianggap mengasari pemain yang melakukan diving. Untuk yang ketahuan melakukan diving, akan langsung dikenakan kartu kuning oleh wasit. Jika ketahuan melakukan diving yang mengakibatkan tim lawan kalah (misal: diving di kotak penalti sehingga mendapat penalti), akan diberikan sanksi.

13. Hattick dan Quattrik
Hattick adalah istilah untuk pemain yang mencetak 3 gol dalam 1 pertandingan. Quattick adalah istilah untuk pemain yang mencetak 4 gol dalam 1 pertandingan.

14. Injury Time
Injury Time adalah istilah perpanjangan waktu dalam sepak bola. Injury time diberikan saat ujung babak. Biasanya injury time berkisar antara 1-4 menit, ada yang lebih dari 4 menit, tetapi itu terjadi sebab waktu bermain terbuang karena suatu konflik atau kejadian tertentu.

15. Zamora Trophy
Zamora Trophy adalah tropi untuk kiper di la liga spanyol yang memegang rekor paling lama tidak kebobolan dalam satu musim kompetisi

16. Ball Possesion
Ball Possesion yaitu istilah untuk penguasaan bola, artinya berapa lama waktu atau prosentase bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dari sebuah klub dalam sebuah pertandingan

17
. Treble Winner
Treble Winner adalah Istilah untuk klub pemenang tiga piala dalam tiga kejuaraan yang berbeda dalam satu musim kompetisi. Manchester United adalah salah satu klub yang pernah meraih title ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar